SelaYang Pandang

 

Intinya ada 4 cowo yang bertualang tuk ngembaliin  kamera polaroid ke cewek misterius. berhasilkah? sebenernya siapa sih cewek misterius itu? kenapa juga tu cewek pake ninggalin kamera polaroid nya?

Sekilas:
‘karna pemilik kamera ini cantik, gue mau dia jadi istri gue”, ryo berangan angan
“aduh, yo….. gue tambah pusing nih denger khayalan lo” kata marco sambil sibuk makan sate.
“kalo lo pusing co, satenya buat gw aja.. lo tidur aja gih..”, tawar ujo baek hati tapi nyebelin.
“nih lidinya aja..haha” marco mindahin semua lidi bekas tusuk sate ke piring Ujo.
Ujo bengong..

“ribut aja…. liat nih gw..” kata billy santai, billy mengambil semua lauk pauk yang tersisa ke piringnya.

“astaghfirulloh….” ujar ryo, marco dan ryo bersamaan ngeliat lauknya dimonopoli billy.
kruyuk…. kata perut ryo menyusul. dari tadi ryo emang belom sempat makan sedikitpun.
“mamam tuh istri idaman lo hahahahhaa” , marco ketawa
ngelamun emang enak, tapi kan enakan makan. ryo emang bodoh.
sementara malam semakin larut, sebenarnya di mana cewek misterius itu berada??

JePreT’s

Rio duduk memandangi sekeliling.
“ngapain yah gue” gumam rio
“cinta gue putus kemaren”
“si guru galak manggil nyokap gw ke sekolah”
“aaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh” rio mengusap ngusap mukanya dengan kedua tangannya.
“coba aja sekarang ada gadis cantik di depan gw! Ya Tuhaaannn” rio memohon sambil memejamkan matanya “tolong…”
Rio lalu membuka matanya.

Rio melongo. ”Ya Tuhaaannnn, cantik banget” gumam rio kagum.
Seorang gadis cantik kini sedang berdiri di depan Rio.
Gadis itu tersenyum manis, lalu duduk di sebelah rio.
Rio masih melongo. Asli melongo. Cengok.
Gadis itu lalu mendorong dagu Rio hingga mulut rio akhirnya tertutup rapat.
“glek” Rio nelen ludah. Ini cewek darimana datengnya? Rio masih penuh tanda tanya.

Terkadang, hidup penuh kejutan. Tapi kali ini rio bener-bener terkejut. Cewek cantik tau-tau aja duduk disampingnya. Biasanya jangankan cewek cantik, bencong aja kalo ga dipaksa suruh deketin Rio juga ogah. Rio emang gak kece. Nasibnya kece gak? Wah saya juga sebagai penulis ga tau. Kita doain aja yah biar nasibnya Rio kece gak kayak wajahnya yang pas-pas-an jeleknya hihihihihi :p

Cewek cantik yang duduk di sebelah Rio itu sekarang merogoh isi tasnya. Dia mengeluarkan sebuah kamera polaroid.
Gak tau kenapa, Rio jadi ikut-ikutan merogoh isi tas Rio sendiri. Terus Rio ikut-ikutan mengeluarkan sesuatu. Tapi bukan kamera polaroid.

Rio mengeluarkan sebuah benda kuning.
Iya benda itu adalah PISANG!
Dengan wajah cengok Rio mengupas pisang itu sambil tetap menatap gerak-gerik si cewek cantik di sebelahnya yang asik ngutak-ngatik kamera polaroidnya.
Gadis cantik itu lalu menatap balik Rio.

Gadis cantik itu tersenyum geli melihat ekspresi Rio yang makan pisang dengan tampang cengok sambil menatap dirinya.

JEPRET!
Wah gue dipoto ma nih cewek, batin Rio kaget.
Gadis cantik itu lalu mengambil poto hasil jepretannya dari kamera polaroidnya.
Dia tersenyum puas, lalu pergi meninggalkan Rio sendiri di bangku terminal.
Kamera Polaroidnya?
Ditinggal di bangku terminal.

Rio buru-buru ngabisin pisangnya, terus meraih kamera polaroid yang tergeletak pasrah itu.
Dengan kekuatan yang baru aja Rio dapet dari makan pisang, Rio berteriak..

“MBAAAAAAAAAAAAAKKKK  KAMERANYAAAAAA KEEEEEEEEETINGGGGGGGGGALAAAANNNNNNNN………”

Tapi gadis cantik itu udah naik bis.

“gila ya tu cewek, kamera polaroid bagus gini ditinggal” marco melihat-lihat kamera polaroid itu dengan teliti sekaligus kagum.
Marco adalah temen Rio. Temen nonkrong, temen sekelas, teman nyontek (ups, hihihi), yah bisa dibilang temen baiklah dengan rio.

Selain Marco, temen baik Rio ada dua orang lagi yaitu Billy dan Ujo.
Ujo adalah temen Rio yang paling keling, dan bergigi paling putih. Setiap kali di photo, Ujo ga mau ngeliatin gigi putihnya itu.
“jo, gigi lo liatin” saran Billy.
“ah, ogah. Tar yang keliatan di photo ini malah gigi gua doang, buka gua nya” jawab Ujo.
“oh iya ya lo pan gelap hahahaha” Billy ngakak.
“elo ga boleh gitu Bill, biar gelap gitukan temen kita juga” bela Marco.
“yeeh elo, co, Belain sih belain tapi gausah ikut ngatain juga..” Ujo sengit.
“lah ujo ngambek..haha” Rio nimpalin.
“jangan ngambek jo, tar tambah item hahahaha” marco nambahin
“Gosooongggggggg hahahahaa” Billy ngakak
“ya Tuhan apa dosa saya punya temen-temen seperti iini” ujar Ujo sambil mengangkat kedua tangannya
“Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnn” samber Rio, Billy, dan Marco.
Maminya Rio yang ga sengaja ngeliat ulah mereka berempat cuma bisa geleng-geleng kepala sambil senyum.

KRIIIIIIIIIIIIIIIIIINNGGGGGGGGGGGGGGGGGGG……..

Bel sekolah SMA Putih Abu berbunyi nyaring.
Semua anak-anak langsung pada sibuk buka-buka buku pelajaran. Soalnya hari ini jam pelajaran pertama ulangan sejarah.

“Rio, lo ngapain?” tanya July yang gak sengaja lewatin tempat duduk Rio dan ngeliat Rio lagi asik nulis-nulis di tempat pensil.
“bikini contekan”
“Bikini?”
“bikin maksud gue hahahahaha, bikin contekan”
”dasar lo, otak kolam renang..isinya bikini” sembur July.
”gue otak pantai, santai dan isinya bukan bikini doang” Rio membela diri.
”gue bisa main pasir di otak lo dong?” samber Ujo yang duduk di belakang Rio.
”Bahkan lo bisa ngintip cewek-cewek seksi di otak dia” tambah marco.
”hahahahahahaha” Rio, Ujo dan Marco tertawa puas.
July cuma ngeloyor pergi ngeliat temen-temennya pada miring.

Ulangan sejarah di kelas 3IPS5 cukup tenang.
Pak Toga guru sejarah mereka nampak ngantuk-ngantuk. Otomatis anak-anak lancar. Lancar nyontek (malu-maluin ya? hihihihihi).

“Pak, bis nonton Bola ya semalem?”teriak marco dari bangku di paling belakang.
“ya,ya,ya” jawab Pak Toga setengah sadar setengah tidur.
Marco cekikikan ngeliat Pak Toga kayak gitu.
“heh, co, lo jangan bangunin Pak Toga dong” Ujo panik, maklum belum selese nyontek.
Marco dan ujo duduk sebangku.

“iya lo tenang aja, jo. Selow..” Marco nyengir,
”lo liat tuh si Rio, lagi apa!”
Ujo mendongak dari contekannya, Rio lagi tidur pules.
“Kebo banget tuh orang. Udah selese apa ulangannya?” Kata Ujo.
Marco angkat bahu.

Pak Toga tiba-tiba terbagun dari setengah tidurnya. Tampangnya kayak kaget. Tampaknya Pak Toga baru aja dapet mimpi jelek.
Dengan tampang bantal, Pak toga meneguk air teh pahit yang disediain penjaga sekolah.
Selesai meneguk teh pahit, Pak toga bangkit dari tempat duduknya.

Marco yang dari tadi ngeliat kemana-mana, langsung aja sadar pergerakan Pak Toga yang berbahaya untuk keamanan menyontek.
”oi, Pak Toga” tangan Marco nyenggol-nyenggol kaki Ujo yang lagi asik nyontek.
Ujo langsung pasang tampang pinter. Tampang ngerjain soal ga pake nyontek.

Pak Toga berkeliling di ruangan kelas 3IPS5 , lihat sana lihat sini.
Sampai akhirnya Pak Toga mendekati meja Rio.

Marco dan Ujo udah nunduk aja. Mending mandengin soal deh daripada tatapan mata ma Pak toga. Di sebuah buku pernah tertulis kalo mata itu jendela hati, Marco dan ujo khawatir aja kalo Pak Toga liat jendela hati mereka, nanti di jendela itu nongol cewek seksi sambil bawa-bawa poster bertuliskan “Muridmu ini mencontek, Pak, Ampun ”.

Oke, balik ke topik awal. Pak Toga sekarang malah berhenti di meja Rio.
Hari ini Rio dudul sendirian karena Billy ga masuk. Rio masih pules tertidur.

“mampus lo, kebo” gumam Ujo.

Pak Toga membangunkan Rio.
“Rioooo”, suaranya yang khas dengan cengkok logat jawa.
“Bangun toh..”
Rio mulai menggeliat dan mengusap-usap mulutnya. Mungkin Rio ga mau ketauan Pak Toga kalo dia ileran?

Marco yang ngeliatin dari berlakang, jelas aja ngetawain.
Ujo? Dia juga ikutan Marco, ngetawain.
“kamu ileran?” tanya Pak Toga.
Kontan anak sekelas ketawa.

”Nih, lap aja pake saputangan bapak”, Pak Toga menyodorkan saputangan.
Rio yang nyawanya belom ngumpul, langsung aja ambil tuh saputangan Pak Toga, dan ngusap-ngusap ke mulutnya.
”Itu saputangan, tadi bapak pake buat ngelap ingus bapak” ujar Pak Toga kalem.
”idih”, Rio langsung sadar. Dan langsung bangkit dari tempat duduknya.
”misi, pak, ke toilet, mau muntah” kata rio panik.

Anak-anak sekelas ketawa ngakak.
”mantep ga yo? Ingusnya? Nambah ga?hahaha” ledek Ujo mengiringi langkah rio yang terbirit-birit keluar kelas mau ke toilet.
“Dodol, lo, yo, haha” timpal Marco.

Bersambung…

By: iNdaH

Rio duduk memandangi sekeliling.
“ngapain yah gue” gumam rio
“cinta gue putus kemaren”
“si guru galak manggil nyokap gw ke sekolah”
“aaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh” rio mengusap ngusap mukanya dengan kedua tangannya.
“coba aja sekarang ada gadis cantik di depan gw! Ya Tuhaaannn” rio memohon sambil memejamkan matanya “tolong…”
Rio lalu membuka matanya.
Rio melongo.
”Ya Tuhaaannnn, cantik banget” gumam rio kagum.
Seorang gadis cantik kini sedang berdiri di depan Rio.
Gadis itu tersenyum manis, lalu duduk di sebelah rio.
Rio masih melongo. Asli melongo. Cengok.
Gadis itu lalu mendorong dagu Rio hingga mulut rio akhirnya tertutup rapat.
“glek” Rio nelen ludah. Ini cewek darimana datengnya? Rio masih penuh tanda tanya.Terkadang, hidup penuh kejutan. Tapi kali ini rio bener-bener terkejut. Cewek cantik tau-tau aja duduk disampingnya. Biasanya jangankan cewek cantik, bencong aja kalo ga dipaksa suruh deketin Rio juga ogah. Rio emang gak kece. Nasibnya kece gak? Wah saya juga sebagai penulis ga tau. Kita doain aja yah biar nasibnya Rio kece gak kayak wajahnya yang pas-pas-an jeleknya hihihihihi :pCewek cantik yang duduk di sebelah Rio itu sekarang merogoh isi tasnya. Dia mengeluarkan sebuah kamera polaroid.
Gak tau kenapa, Rio jadi ikut-ikutan merogoh isi tas Rio sendiri. Terus Rio ikut-ikutan mengeluarkan sesuatu. Tapi bukan kamera polaroid.
Rio mengeluarkan sebuah benda kuning.
Iya benda itu adalah PISANG!
Dengan wajah cengok Rio mengupas pisang itu sambil tetap menatap gerak-gerik si cewek cantik di sebelahnya yang asik ngutak-ngatik kamera polaroidnya.
Gadis cantik itu lalu menatap balik Rio.
Gadis cantik itu tersenyum geli melihat ekspresi Rio yang makan pisang dengan tampang cengok sambil menatap dirinya.

JEPRET!
Wah gue dipoto ma nih cewek, batin Rio kaget.
Gadis cantik itu lalu mengambil poto hasil jepretannya dari kamera polaroidnya.
Dia tersenyum puas, lalu pergi meninggalkan Rio sendiri di bangku terminal.
Kamera Polaroidnya?
Ditinggal di bangku terminal.

Rio buru-buru ngabisin pisangnya, terus meraih kamera polaroid yang tergeletak pasrah itu.
Dengan kekuatan yang baru aja Rio dapet dari makan pisang, Rio berteriak..
“MBAAAAAAAAAAAAAKKKK  KAMERANYAAAAAA KEEEEEEEEETINGGGGGGGGGALAAAANNNNNNNN………”

Tapi gadis cantik itu udah naik bis.

“gila ya tu cewek, kamera polaroid bagus gini ditinggal” marco melihat-lihat kamera polaroid itu dengan teliti sekaligus kagum.
Marco adalah temen Rio. Temen nonkrong, temen sekelas, teman nyontek (ups, hihihi), yah bisa dibilang temen baiklah dengan rio.

Selain Marco, temen baik Rio ada dua orang lagi yaitu Billy dan Ujo.
Ujo adalah temen Rio yang paling keling, dan bergigi paling putih. Setiap kali di photo, Ujo ga mau ngeliatin gigi putihnya itu.
“jo, gigi lo liatin” saran Billy.
“ah, ogah. Tar yang keliatan di photo ini malah gigi gua doang, buka gua nya” jawab Ujo.
“oh iya ya lo pan gelap hahahaha” Billy ngakak.
“elo ga boleh gitu Bill, biar gelap gitukan temen kita juga” bela Marco.
“yeeh elo, co, Belain sih belain tapi gausah ikut ngatain juga..” Ujo sengit.
“lah ujo ngambek..haha” Rio nimpalin.
“jangan ngambek jo, tar tambah item hahahaha” marco nambahin
“Gosooongggggggg hahahahaa” Billy ngakak
“ya Tuhan apa dosa saya punya temen-temen seperti iini” ujar Ujo sambil mengangkat kedua tangannya
“Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnn” samber Rio, Billy, dan Marco.
Maminya Rio yang ga sengaja ngeliat ulah mereka berempat cuma bisa geleng-geleng kepala sambil senyum.

KRIIIIIIIIIIIIIIIIIINNGGGGGGGGGGGGGGGGGGG……..

Bel sekolah SMA Putih Abu berbunyi nyaring.
Semua anak-anak langsung pada sibuk buka-buka buku pelajaran. Soalnya hari ini jam pelajaran pertama ulangan sejarah.

“Rio, lo ngapain?” tanya July yang gak sengaja lewatin tempat duduk Rio dan ngeliat Rio lagi asik nulis-nulis di tempat pensil.
“bikini contekan”
“Bikini?”
“bikin maksud gue hahahahaha, bikin contekan”
”dasar lo, otak kolam renang..isinya bikini” sembur July.
”gue otak pantai, santai dan isinya bukan bikini doang” Rio membela diri.
”gue bisa main pasir di otak lo dong?” samber Ujo yang duduk di belakang Rio.
”Bahkan lo bisa ngintip cewek-cewek seksi di otak dia” tambah marco.
”hahahahahahaha” Rio, Ujo dan Marco tertawa puas.
July cuma ngeloyor pergi ngeliat temen-temennya pada miring.

Ulangan sejarah di kelas 3IPS5 cukup tenang.
Pak Toga guru sejarah mereka nampak ngantuk-ngantuk. Otomatis anak-anak lancar. Lancar nyontek (malu-maluin ya? hihihihihi).

“Pak, bis nonton Bola ya semalem?”teriak marco dari bangku di paling belakang.
“ya,ya,ya” jawab Pak Toga setengah sadar setengah tidur.
Marco cekikikan ngeliat Pak Toga kayak gitu.
“heh, co, lo jangan bangunin Pak Toga dong” Ujo panik, maklum belum selese nyontek.
Marco dan ujo duduk sebangku.

“iya lo tenang aja, jo. Selow..” Marco nyengir,
”lo liat tuh si Rio, lagi apa!”
Ujo mendongak dari contekannya, Rio lagi tidur pules.
“Kebo banget tuh orang. Udah selese apa ulangannya?” Kata Ujo.
Marco angkat bahu.

Pak Toga tiba-tiba terbagun dari setengah tidurnya. Tampangnya kayak kaget. Tampaknya Pak Toga baru aja dapet mimpi jelek.
Dengan tampang bantal, Pak toga meneguk air teh pahit yang disediain penjaga sekolah.
Selesai meneguk teh pahit, Pak toga bangkit dari tempat duduknya.

Marco yang dari tadi ngeliat kemana-mana, langsung aja sadar pergerakan Pak Toga yang berbahaya untuk keamanan menyontek.
”oi, Pak Toga” tangan Marco nyenggol-nyenggol kaki Ujo yang lagi asik nyontek.
Ujo langsung pasang tampang pinter. Tampang ngerjain soal ga pake nyontek.

Pak Toga berkeliling di ruangan kelas 3IPS5 , lihat sana lihat sini.
Sampai akhirnya Pak Toga mendekati meja Rio.
Marco dan Ujo udah nunduk aja. Mending mandengin soal deh daripada tatapan mata ma Pak toga. Di sebuah buku pernah tertulis kalo mata itu jendela hati, Marco dan ujo khawatir aja kalo Pak Toga liat jendela hati mereka, nanti di jendela itu nongol cewek seksi sambil bawa-bawa poster bertuliskan “Muridmu ini mencontek, Pak, Ampun ”.

Oke, balik ke topik awal. Pak Toga sekarang malah berhenti di meja Rio.
Hari ini Rio dudul sendirian karena Billy ga masuk. Rio masih pules tertidur.

“mampus lo, kebo” gumam Ujo.

Pak Toga membangunkan Rio.
“Rioooo”, suaranya yang khas dengan cengkok logat jawa.
“Bangun toh..”
Rio mulai menggeliat dan mengusap-usap mulutnya. Mungkin Rio ga mau ketauan Pak Toga kalo dia ileran?

Marco yang ngeliatin dari berlakang, jelas aja ngetawain.
Ujo? Dia juga ikutan Marco, ngetawain.
“kamu ileran?” tanya Pak Toga.
Kontan anak sekelas ketawa.

”Nih, lap aja pake saputangan bapak”, Pak Toga menyodorkan saputangan.
Rio yang nyawanya belom ngumpul, langsung aja ambil tuh saputangan Pak Toga, dan ngusap-ngusap ke mulutnya.
”Itu saputangan, tadi bapak pake buat ngelap ingus bapak” ujar Pak Toga kalem.
”idih”, Rio langsung sadar. Dan langsung bangkit dari tempat duduknya.
”misi, pak, ke toilet, mau muntah” kata rio panik.

Anak-anak sekelas ketawa ngakak.
”mantep ga yo? Ingusnya? Nambah ga?hahaha” ledek Ujo mengiringi langkah rio yang terbirit-birit keluar kelas mau ke toilet.
“Dodol, lo, yo, haha” timpal Marco.
Rio duduk memandangi sekeliling.
“ngapain yah gue” gumam rio
“cinta gue putus kemaren”
“si guru galak manggil nyokap gw ke sekolah”
“aaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh” rio mengusap ngusap mukanya dengan kedua tangannya.
“coba aja sekarang ada gadis cantik di depan gw! Ya Tuhaaannn” rio memohon sambil memejamkan matanya “tolong…”
Rio lalu membuka matanya.
Rio melongo.
”Ya Tuhaaannnn, cantik banget” gumam rio kagum.
Seorang gadis cantik kini sedang berdiri di depan Rio.
Gadis itu tersenyum manis, lalu duduk di sebelah rio.
Rio masih melongo. Asli melongo. Cengok.
Gadis itu lalu mendorong dagu Rio hingga mulut rio akhirnya tertutup rapat.
“glek” Rio nelen ludah. Ini cewek darimana datengnya? Rio masih penuh tanda tanya.

Terkadang, hidup penuh kejutan. Tapi kali ini rio bener-bener terkejut. Cewek cantik tau-tau aja duduk disampingnya. Biasanya jangankan cewek cantik, bencong aja kalo ga dipaksa suruh deketin Rio juga ogah. Rio emang gak kece. Nasibnya kece gak? Wah saya juga sebagai penulis ga tau. Kita doain aja yah biar nasibnya Rio kece gak kayak wajahnya yang pas-pas-an jeleknya hihihihihi :p

Cewek cantik yang duduk di sebelah Rio itu sekarang merogoh isi tasnya. Dia mengeluarkan sebuah kamera polaroid.
Gak tau kenapa, Rio jadi ikut-ikutan merogoh isi tas Rio sendiri. Terus Rio ikut-ikutan mengeluarkan sesuatu. Tapi bukan kamera polaroid.
Rio mengeluarkan sebuah benda kuning.
Iya benda itu adalah PISANG!
Dengan wajah cengok Rio mengupas pisang itu sambil tetap menatap gerak-gerik si cewek cantik di sebelahnya yang asik ngutak-ngatik kamera polaroidnya.
Gadis cantik itu lalu menatap balik Rio.
Gadis cantik itu tersenyum geli melihat ekspresi Rio yang makan pisang dengan tampang cengok sambil menatap dirinya.

JEPRET!
Wah gue dipoto ma nih cewek, batin Rio kaget.
Gadis cantik itu lalu mengambil poto hasil jepretannya dari kamera polaroidnya.
Dia tersenyum puas, lalu pergi meninggalkan Rio sendiri di bangku terminal.
Kamera Polaroidnya?
Ditinggal di bangku terminal.

Rio buru-buru ngabisin pisangnya, terus meraih kamera polaroid yang tergeletak pasrah itu.
Dengan kekuatan yang baru aja Rio dapet dari makan pisang, Rio berteriak..
“MBAAAAAAAAAAAAAKKKK  KAMERANYAAAAAA KEEEEEEEEETINGGGGGGGGGALAAAANNNNNNNN………”

Tapi gadis cantik itu udah naik bis.

“gila ya tu cewek, kamera polaroid bagus gini ditinggal” marco melihat-lihat kamera polaroid itu dengan teliti sekaligus kagum.
Marco adalah temen Rio. Temen nonkrong, temen sekelas, teman nyontek (ups, hihihi), yah bisa dibilang temen baiklah dengan rio.

Selain Marco, temen baik Rio ada dua orang lagi yaitu Billy dan Ujo.
Ujo adalah temen Rio yang paling keling, dan bergigi paling putih. Setiap kali di photo, Ujo ga mau ngeliatin gigi putihnya itu.
“jo, gigi lo liatin” saran Billy.
“ah, ogah. Tar yang keliatan di photo ini malah gigi gua doang, buka gua nya” jawab Ujo.
“oh iya ya lo pan gelap hahahaha” Billy ngakak.
“elo ga boleh gitu Bill, biar gelap gitukan temen kita juga” bela Marco.
“yeeh elo, co, Belain sih belain tapi gausah ikut ngatain juga..” Ujo sengit.
“lah ujo ngambek..haha” Rio nimpalin.
“jangan ngambek jo, tar tambah item hahahaha” marco nambahin
“Gosooongggggggg hahahahaa” Billy ngakak
“ya Tuhan apa dosa saya punya temen-temen seperti iini” ujar Ujo sambil mengangkat kedua tangannya
“Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnn” samber Rio, Billy, dan Marco.
Maminya Rio yang ga sengaja ngeliat ulah mereka berempat cuma bisa geleng-geleng kepala sambil senyum.

KRIIIIIIIIIIIIIIIIIINNGGGGGGGGGGGGGGGGGGG……..

Bel sekolah SMA Putih Abu berbunyi nyaring.
Semua anak-anak langsung pada sibuk buka-buka buku pelajaran. Soalnya hari ini jam pelajaran pertama ulangan sejarah.

“Rio, lo ngapain?” tanya July yang gak sengaja lewatin tempat duduk Rio dan ngeliat Rio lagi asik nulis-nulis di tempat pensil.
“bikini contekan”
“Bikini?”
“bikin maksud gue hahahahaha, bikin contekan”
”dasar lo, otak kolam renang..isinya bikini” sembur July.
”gue otak pantai, santai dan isinya bukan bikini doang” Rio membela diri.
”gue bisa main pasir di otak lo dong?” samber Ujo yang duduk di belakang Rio.
”Bahkan lo bisa ngintip cewek-cewek seksi di otak dia” tambah marco.
”hahahahahahaha” Rio, Ujo dan Marco tertawa puas.
July cuma ngeloyor pergi ngeliat temen-temennya pada miring.

Ulangan sejarah di kelas 3IPS5 cukup tenang.
Pak Toga guru sejarah mereka nampak ngantuk-ngantuk. Otomatis anak-anak lancar. Lancar nyontek (malu-maluin ya? hihihihihi).

“Pak, bis nonton Bola ya semalem?”teriak marco dari bangku di paling belakang.
“ya,ya,ya” jawab Pak Toga setengah sadar setengah tidur.
Marco cekikikan ngeliat Pak Toga kayak gitu.
“heh, co, lo jangan bangunin Pak Toga dong” Ujo panik, maklum belum selese nyontek.
Marco dan ujo duduk sebangku.

“iya lo tenang aja, jo. Selow..” Marco nyengir,
”lo liat tuh si Rio, lagi apa!”
Ujo mendongak dari contekannya, Rio lagi tidur pules.
“Kebo banget tuh orang. Udah selese apa ulangannya?” Kata Ujo.
Marco angkat bahu.

Pak Toga tiba-tiba terbagun dari setengah tidurnya. Tampangnya kayak kaget. Tampaknya Pak Toga baru aja dapet mimpi jelek.
Dengan tampang bantal, Pak toga meneguk air teh pahit yang disediain penjaga sekolah.
Selesai meneguk teh pahit, Pak toga bangkit dari tempat duduknya.

Marco yang dari tadi ngeliat kemana-mana, langsung aja sadar pergerakan Pak Toga yang berbahaya untuk keamanan menyontek.
”oi, Pak Toga” tangan Marco nyenggol-nyenggol kaki Ujo yang lagi asik nyontek.
Ujo langsung pasang tampang pinter. Tampang ngerjain soal ga pake nyontek.

Pak Toga berkeliling di ruangan kelas 3IPS5 , lihat sana lihat sini.
Sampai akhirnya Pak Toga mendekati meja Rio.
Marco dan Ujo udah nunduk aja. Mending mandengin soal deh daripada tatapan mata ma Pak toga. Di sebuah buku pernah tertulis kalo mata itu jendela hati, Marco dan ujo khawatir aja kalo Pak Toga liat jendela hati mereka, nanti di jendela itu nongol cewek seksi sambil bawa-bawa poster bertuliskan “Muridmu ini mencontek, Pak, Ampun ”.

Oke, balik ke topik awal. Pak Toga sekarang malah berhenti di meja Rio.
Hari ini Rio dudul sendirian karena Billy ga masuk. Rio masih pules tertidur.

“mampus lo, kebo” gumam Ujo.

Pak Toga membangunkan Rio.
“Rioooo”, suaranya yang khas dengan cengkok logat jawa.
“Bangun toh..”
Rio mulai menggeliat dan mengusap-usap mulutnya. Mungkin Rio ga mau ketauan Pak Toga kalo dia ileran?

Marco yang ngeliatin dari berlakang, jelas aja ngetawain.
Ujo? Dia juga ikutan Marco, ngetawain.
“kamu ileran?” tanya Pak Toga.
Kontan anak sekelas ketawa.

”Nih, lap aja pake saputangan bapak”, Pak Toga menyodorkan saputangan.
Rio yang nyawanya belom ngumpul, langsung aja ambil tuh saputangan Pak Toga, dan ngusap-ngusap ke mulutnya.
”Itu saputangan, tadi bapak pake buat ngelap ingus bapak” ujar Pak Toga kalem.
”idih”, Rio langsung sadar. Dan langsung bangkit dari tempat duduknya.
”misi, pak, ke toilet, mau muntah” kata rio panik.

Anak-anak sekelas ketawa ngakak.
”mantep ga yo? Ingusnya? Nambah ga?hahaha” ledek Ujo mengiringi langkah rio yang terbirit-birit keluar kelas mau ke toilet.
“Dodol, lo, yo, haha” timpal Marco.